Diposting Pada: Rabu, 24 Maret 2021
MIN 2 Kerinci Peringati Isra Miraj


MIN 2 Kerinci Peringati Isra MirajKerinci (MIN 2 Kerinci) Keluarga besar Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kerinci melaksanakan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang dipusatkan di Madrasah.
Menurut Ustadz Ulil Amri, S.HI saat tausiyahnya, memperingati satu peristiwa perjalanan Rasulullah Shallallahualaihi Wasallam dari Makkah ke Baitul Maqdis, kemudian ke sidratul muntaha menghadap Pencipta Alam Semesta dan Pemeliharanya. Itulah peristiwa Isra dan Miraj yang menjadi hal yang paling mendasar. Kita harus bisa mengambil makna yang terkandung dalam peristiwa isra miraj tersebut, ujarnya.
Sebagaimana Allah Taala berfirman dalam surat Al-Isra ayat 1 yang artinya Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
Dijelaskannya, dari peristiwa isra miraj tersebut Rasullulah SAW mendapat tugas yang harus dilaksanakan oleh Rasulullah beserta umat-umatnya sampai akhir zaman yaitu sebuah bentuk ibadah wajib yang merupakan rukun Islam yang kedua setelah syahadat yaitu salat fardu sebanyak 5 waktu setiap harinya. Di samping rukun Islam lainnya yaitu zakat, puasa dan Naik Haji ke tanah suci Mekkah bagi yang mampu.
Sementara itu Kepala Madrasah Leli Haryati,S.Pd pada kesempatan itu mengajak kepada Siswa/i khususnya untuk tidak meninggalkan shalat, karena hikmah dari peringatan ini adalah agar kita mengingat selalu kepada Allah SWT, dengan salah satunya mengerjakan shalat fardu.
Makna yang mendasar dari peristiwa Isra Miraj yang utama adalah adanya perubahan perilaku serta peningkatan keimanan disertai dengan peningkatan kuantitas serta kualitas ibadah kita pada umumnya serta ibadah sholat fardu pada khususnya.
Peningkatan keimanan karena dalam ayat tersebut di atas disebutkan bahwa peristiwa tersebut adalah Nabi Muhammad SAW bukan melakukan perjalanan tapi Allah SWT yang menjalankan Beliau. Dan hal tersebut sebagai tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Tutupnya (Ndi)

 


436x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Kemenag Kerinci Monitoring Pelaksanaan Ujian Madrasah MIN 2 Kerinci 1105x dibaca
  2. Pembagian Rapor Genap Siswa MIN 2 Kerinci 597x dibaca
  3. Hari Pertama,Try Out MIN 2 Kerinci berjalan Lancar dan Sukses 403x dibaca
  4. MIN 2 Kerinci Peringati Isra Miraj 437x dibaca
  5. Pelepasan Purnabakti, Jasa Dan Pengabdian Yang Selalu Terukir Untuk MIN 2 Kerinci 681x dibaca

Halaman ini diakses pada 06-02-2023 04:29:39 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 35.172.230.154
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved